Sosialisasi Covid 19 di wilayah kerja UPT Puskesmas Pituruh

Sosialisasi Covid 19 di wilayah kerja UPT Puskesmas Pituruh

Sosialisasi Covid 19 di Desa Kalikotes

Covid 19 adalah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi. Daya sebar penyakit ini cepat dan meluas. Penyakit ini menular melalui percikan ludah penderita(droplet) bahkan akhir ini WHO mengumumkan bahwa COVID 19 dapat menular melalui airborne (udara). Faktor risiko yang memperberat penyakit ini adalah faktor usia(anak-anak dan lanjut usia), penyakit bawaan seperti DM, Hipertensi, asma, kanker, autoimun serta kehamilan.

Kabupaten Purworejo termasuk dalam zona merah karena tingginya jumlah kasus covid terkonfirmasi. Di wilayah Puskesmas Pituruh sendiri terdapat satu kasus terkonfirmasi yang berasal dari kluster gowa. Untuk itu pelaksana program promosi kesehatan UPT Puskesmas Pituruh (Prasojo SKM dan Nofiati Wulandari, SKM) gencar melakukan sosialisasi di seluruh  desa wilayah Puskesmas Pituruh. Petugas berkeliling ke 25 desa binaan. Bekerjasama dengan lintas sektor dan perangkat desa setempat. Dengan menggunakan mobil bak terbuka dan pengeras suara berkeliling desa mengedukasikan cara penularan, cara pencegahan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan (tetap di rumah atau stay at home , jika terpaksa keluar rumah wajib memakai masker, cuci tangan pakai sabun,  tidak berkerumun atau menghindari kerumunan dan physical distancing, menerapkan etika batuk.

Sosialisasi Covid 19 di Desa Tunjungtejo

Bagi pendatang dari luar kota Purworejo diwajibkan untuk melapor ke posko covid desa setempat dan memeriksakan diri (skrining) di puskesmas. Apabila ada gejala demam, batuk, pilek harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari, jika gejala bertambah parah atau sesak nafas segera ke puskesmas/rumah sakit.

Ayo cegah penularan COVID 19


Leave a Reply